Sabtu, 23 Januari 2016

Menara Siger ( Lampung Selatan )


Menara Siger merupakan salah satu ikon Lampung selain Way Kambas atau Gunung Krakatau yang melegenda. Bangunan cantik berwarna kuning ini dianggap sebagai ikon budaya Lampung sekaligus menjadi titik nol jalan lintas Sumatera dimana Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dari timur.  

Lokasi : 

Menara Siger berada di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Jika anda berangkat menggunakan kapal laut menuju lampung, anda akan segera melihat menara ini ketika merapat di Pelabuhan Bakauheni. Menara yang didominasi warna kuning ini nampak berdiri megah dari kejauhan. Dari segi desain bangunan, Menara Siger sudah menampakkan pesonanya. Bentuknya yang unik seperti sebuah mahkota pengantin wanita adat khas Lampung membuat menara ini sangat mudah diingat.  

Berkunjung ke Menara Siger juga memberikan pengalaman menarik lainnya. Disini juga sering diadakan berbagai jenis kegiatan dan pertunjukkan kesenian. Bahkan di malam Minggu menampikan seni budaya dari Jawa, Batak, Lampung, Sunda dan Banten. Umumnya masyarakat sekitar menjadkan menara ini sebagai salah satu tempat nongkrong favorit, terutama kaum muda mudi. Hampir di setiap akhir pekan, menara ini selalu dipadati oleh pengunjung. Malam minggu menjadi hari favorit bagi para pelancong karena diselenggarakan berbagai macam pertunjukan kesenian.  

Menara Siger diresmikan oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. pada tanggal 1 Mei 2008 dan dirancang oleh arsitek Ir. Ansori Djausal pada tahun 2005. Menara ini memiliki filosofi tersendiri. Bentuk bangunannya terinspirasi oleh ciri khas Lampung, yaitu mahkota siger. Mahkota Siger sendiri merupakan sebuah simbol kehormatan yang biasanya dikenakan oleh wanita Lampung dalam sebuah upacara adat.  

Arsitektur bangunan Menara Siger juga memasukan bentuk asli tradisional Lampung lainnya yaitu paguk di bagian kiri kanan menara sebagai perlambang perahu. Di puncak menara terdapat payung tiga warna yaitu putih, kuning, dan merah sebagai simbol tatanan sosial masyarakat Lampung. Menara yang mengusung adat budaya Lampung sekaligus landmark kawasan Bakauheni.  

Transportasi : 

Untuk menuju Menara Siger, aksesnya terbilang sangat mudah. Anda bisa menggunakan jalur udara, darat maupun laut untuk mencapai tempat ini.  


Akomodasi : 

Di sekitar kawasan menara tersedia cukup banyak hotel, penginapan maupun resort. Bahkan jika anda ingin menjelajahi krakatau anda bisa menginap di Desa Tejang, Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar